Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional - adalah sebuah proses pembelajaran yang menciptakan pengalaman dan lingkungan belajar yang memperhatikan kebutuhan sosial dan emosional murid. Sebagai seorang pendidik sudah sepatutnya kita memikirkan bagaimana cara menuntun para siswa-siswi untuk dapat mencapai kodratnya, bagaimana untuk membimbing siswa-siswi agar dapat mengeksplorasi dan mengaktualisasikan seluruh potensi dalam diri mereka setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia atau pun sebagai anggota masyarakat, sehingga mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan nya.
Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional
Untuk kalian yang memang sedang mempelajari atau mencari tahu berkaitan dengan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional, perlu kalian ketahui bahwa di sinilah letak urgensi pembelajaran sosial dan emosional (PSE) untuk mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, yaitu pembelajaran yang mampu menciptakan pengalaman belajar bagi para siswa-siswi untuk menumbuhkan dan melatih lima kompetensi sosial dan emosional (KSE), yaitu sebagai berikut:
1. Kesadaran Diri
2. Manajemen Diri
3. Kesadaran Sosial
4. Keterampilan Berelasi, dan
5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Penyusun Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional  edisi 3 2022 ini adalah:
- Jilly Pingkan Kaunang, S.Si-Teol.
- Rusiati Yo, Psi, M.Pd

Sedangkan Hak Ciptanya ada pada penulis dan juga Dirjen GTK Kemdikbudristek 2022.

Dalam modul yang keren tersebut, kalian akan dapat mengeksplorasi PSE melalui 4 indikator, yaitu:
1. Pengajaran Eksplisit
2. Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik,
3. Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, serta
4. Penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) melalui keteladanan, proses belajar, dan juga kolaborasi dengan seluruh komunitas sekolah.

Capaian Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional
Kompetensi Lulusan yang dituju Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:
1. Guru Penggerak secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.
2. Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman.
3. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam merancang alur dan tujuan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan.

Capaian Umum
Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
1. Guru Penggerak mampu secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan psikologis (will-being)
2. Guru Penggerak paham dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman sehingga seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis ( will-being) secara optimal

Capaian Khusus
Calon Guru Penggerak diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pentingnya pembelajaran sosial dan emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.
2. Menjelaskan bagaimana penerapan konsep pembelajaran sosial dan emosional berdasarkan kerangka kerjas CASEL (Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) kompetensi sosial dan emosional (KSE), yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
3. Mempraktikkan konsep kesadaran penuh (mindfulness sebagai dasar pengembangan 5 (lima) kompetensi sosial dan emosional (KSE).
4. Mengimplementasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) melalui pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidikl dan tenaga kependidikan di sekolah.

Isi Modul
Modul yang sedang kalian cari ini berisi tentang hal-hal penting diantaranya:
1. Penjelasan tentang urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.
2. Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial Emosional berdasarkan kerangka CASEL yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), yaitu:
1. Kesadaran Diri
2. Manajemen Diri
3. Kesadaran Diri
4. Keterampilan Berelasi, dan
5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab
3. Penjelasan tentang kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar dalam penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial Emosional (KSE).
4. Empat indikator dalam implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas dan sekolah, yaitu:
- pengajaran eksplisit,
- integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik,
- penciptaan iklim kelas dan biodata sekolah, dan
penguatan PSE (Pembelajaran Sosial dan Emosional pendidik dan tenaga kependidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) di sekolah.

Untuk kalian yang sedang mencari Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional bisa kalian downlaod atau unduh pada link di bawah ini:


Posting Komentar untuk "Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional"